Setiap comic atau stand up comedian mempunyai persona masing-masing saat berada di panggung, disini saya akan membahas persona comic yang menurut saya unik dan jarang saya temui selama saya gabung di komunitas stand up malang. Yaitu persona omnivora yang dimiliki oleh kipli yang bisa memakan segala asal bisa menimbulkan tawa bagi penonton. Diawal kipli gabung komunitas, setiap kali openmic dia selalu memakan sesuatu yang berbeda-beda dari mulai puntung rokok, sampah, dan krengsengan belerang.

Saya gak tau kenapa kipli menggunakan persona omnivora demi mencari tawa penonton, kemungkinan hanya ada dua yaitu agar dia cepat dikenal karena berbeda dari comic-comic yang lain atau dia memang tipikal orang yang malas untuk memikirkan jokes (DUNGU). Persona itu semakin menjadi saat comic nasional seperti Dzawin dan Mamat Alkatiri tau ketika berkunjung ke malang, waktu itu selesai jumatawa kita ada evaluasi di ayam nelongso daerah sigura-gura disitu kipli dengan bangga melakukan pertunjukan meminum kobokan bekas para comic makan. Dari situ semakin banyak orang yang tau persona kipli sebagai comic omnivora sampai banyak orang sering update story tentang kipli memakan sesuatu yang tak lazim.

Dari situ saya tau secara langsung arti kata Pandji Pragiwaksono ‘sedikit lebih beda, lebih baik dari lebih baik’, karena tidak bisa dipungkiri dari persona itu kipli boleh dibilang cepat dikenal oleh penonton. Tidak hanya penonton saja bahkan manager 7Chiken mengenal kipli dengan akrab hanya dengan sekali pertemuan, karena pada saat di 7Chiken kipli rela melakukan pertunjukan spesial melumuri wajahnya dengan saus tomat yang dicampur dengan saos keju dengan bahagia. Di lain waktu dia juga pernah mendapat uang sebesar seratus ribu dari Dzawin dan lima puluh ribu dari mamat alkatiri karena berani memakan tahu petes yang ditempelkan ke ketiak kemudian diberi sedikit bumbu opel dari hidungnya. Sungguh menggagumkan bukan ? mungkin kalian yang membaca ini tidak percaya, tapi percayalah meskipun ini bukan Ripley’s Believe It or Not.

Semakin kipli dikenal dengan comic omnivora, semakin membuat para comic senang karena ada hiburan juga untuk comic. Dari situ mungkin akhirnya kipli mulai sadar bahwa apa yang dilakukan salah seperti sedang melakukan cheat auto lucu terhadap penonton. Kalau pun kipli ngefans terhadap stand up comedian Rispo, harusnya Kipli sadar bahwa Rispo sebelum seperti itu dia juga mempelajari semua teknik yang ada di Stand up comedy baru membentuk persona tersebut. Disinilah blunder yang dilakukan kipli, karena dia waktu itu adalah comic baru yang belom mengetahui teknik stand up comedy tapi langsung melakukan cheat lucu, sebenarnya hal itu sah-sah saja tapi yang ditakutkan ketika kipli mempunyai job dan penonton semuanya adalah penonton awam yang tidak tau siapa kipli itu bisa jadi bencana untuk dirinya sendiri.


Dari situ akhirnya kipli mencoba berstand up secara normal dan dia merasakan yang namanya stand up comedy secara normal itu susah, kipli tetap tidak menyerah karena dia ingin merubah identitas sebagai comic omnivora. Sampailah kemarin di Ultras Tawa League kipli menjadi peserta pertama yang ada di grub 3, dengan tantangan materi harus baru semua dan harus berstand up secara normal kipli semakin termotivasi. Alhasil dengan kegigihannya untuk berubah kipli berhasil memecah tawa penonton dengan mengelegar padahal sebelum Ultras Tawa League ada Openmic Jumatawa dan para comic susah untuk mengangkat euforia penonton. Ini membuktikan bahwa kalo kita mempunyai niat yang sungguh-sungguh apapun yang kita inginkan pasti bisa tercapai karena usaha tidak akan mengkhianati hasil.