Mengagumkan sekali, salah satu senior saya di Standup Comedy Malang yang mungkin namanya tidak seterkenal, Bang Abdur, Bang Arie, Mas Reggy atau Mas Wawan dll. Ada comic yang menurut saya cukup produktif dan underrated. Dia adalah Adit MKM.

Mengawali akrir sebagai komika pada tahun 2012 (kalo ga salah) termasuk generasi awal komunitas standup comedy malang, hingga dia pindah ke Jakarta meinggalkan komunitas untuk studi, kemudian di drop out yang akhirnya nggak pengen sekolah aneh – aneh lagi, dan telah menyelesaikan studinya di Universitas Kanjuruan Malang. Sebelumnya mungkin ada temen – temen disini ada yang belum tau tentang show Adit yang pertama, silahkan bisa lihat terlebih dahulu review saya disini (click here).

Anyway, yang ingin saya bahas di tulisan ini adalah tentang shownya yang ke-2. Cukup menarik karena dilakukan secara nggak live dan tanpa penonton yang menurut saya cukup berani. Karena yang namanya standup comedy kalo setelah nge punch nggak ada efek ketawa, rasanya awkward terutama bagi comic itu sendiri. Saya pernah coba di zoomatawa (dan hasilnya konyol), dan cukup sekali sudah saya coba standup online haha. Oke mari kita mulai.

Adit MKM mengawali show dengan umpatan, yang menurut saya cukup berhasil membuat perhatian saya terfokus pada materi apa yang akan disampaikan. Materi yang dibawakan Adit di shownya yang kali ini cukup berani. Bahkan menurut saya lebih parah daripada show sebelumnya. Beberapa mungkin ada yang offensive bagi sebagian orang. Materi yang diangkat cukup relevan untuk kalian tonton. Topik seperti corona, beberapa hal yang sedang viral akhir – akhir ini, materi tentang negara Indonesia yang dianalogikan seperti relationship dikemas sangat epic yang menurut saya pantas sekali diangkat sebagai nama show. Nggak banyak yang ingin saya review disini, karena terlalu banyak eksplisit konten, jadi sebaiknya kalian nonton sendiri. Sayapun sebenernya agak menyayangkan, kenapa nggak ada audience. Seandainya ada audience, akan ada dua kemungkinan. Antara shownya pecah parah, atau Adit MKM dibakar penonton.

Finally, jika kalian suka dengan show Pandji yang berjudul Hiduplah Indonesia Maya atau kalian adalah penggemar Anthony Jeselnik dengan jenis jokesnya yang unik. Show terbaru dari Adit MKM ini sangat layak untuk kalian tonton. Show akan dipublish pada 10 Agustus 2020 yang bisa kalian tonton di comika.id