Buat para calon komika, atau orang-orang yang kesehariannya cuma nontonin Raditya Dika dan Ridwan Remin di youtube tanpa berani masuk ke komunitas, mungkin pertanyaan barusan akan menjadi pertanyaan yang cukup krusial dan membingungkan. Sesungguhnya, jawabannya sudah dijawab dengan gamblang di salah satu video yang ada di youtube-nya Pandji Pragiwaksono. Tapi kali ini, kami akan menjelaskan dengan gamblang salah satu cara anak stand up dapet duit: melalui gigs.

Gigs, apa itu gigs? Gigs bukanlah bagian tubuh yang digunakan untuk mengunyah. Gigs dalam bahasa Inggris artinya sebuah pekerjaan untuk menampilkan suatu hiburan yang sifatnya temporer (tidak rutin). Nah, salah satu cara anak stand up dapet duit adalah lewat gigs. Atau bahasa ribetnya, diundang buat tampil.

Untuk mendapatkan gigs, ada beberapa komika yang mengandalkan koneksi pribadi. Ada juga yang tergabung dalam manajemen. Beberapa manajemen besar untuk para komika yang mungkin kalian tahu adalah Majelis Lucu Indonesia (di dalamnya ada Coki, Muslim, Rispo, Rigen, dll), Haha.corp (Dikepalai oleh Ernest Prakasa), juga ada Komtung (manajemen yang juga kreator dari acara Ghibah di youtube).

Komunitas Stand Up Indo Malang memiliki keunikan tersendiri dibanding kebanyakan komunitas lain. Komunitas Stand Up Indo Malang tidak hanya berperan sebagai wadah open mic dan sharing materi, komunitas stand up indo Malang juga berperan sebagai manajemen bagi komika-komika yang tergabung di komunitas ini.

Apakah semua anggota komunitas Stand Up Indo Malang bisa dapet gigs? Well, tidak sembarang komika yang bisa dapet gigs di Stand Up Indo Malang. Komika-komika yang akan diberi job/gig oleh tim manajemen harus memenuhi beberapa syarat. Pertama, lucu secara konsisten di open mic. Jangan sampai nanti sudah dikasih gigs, ngebom (gak lucu). Ini akan mencoreng nama komunitas. Selain itu, syarat kedua adalah memiliki materi solid dan clean dengan durasi minimal 15 menit. Nah, materi inilah yang nantinya akan ditampilkan di gigs tersebut. Materi harus clean (tidak mengandung pornografi/politik/SARA) supaya bisa ditampilkan di segala situasi.

Setiap komika yang profesional, biasanya punya satu set materi khusus untuk job/gigs. Istilah akrab untuk teman-teman Stand Up Indo Malang adalah: set-list job-job-an. Nah, setlist ini berisi materi minimal 15 menit yang lucu, yang siap ditampilkan di acara-acara kalian.

Dan ingat teman-teman, gigs hanyalah satu dari sekian banyak cara komika mendapatkan uang. Nah, kalian merasa lucu dan mau mencari penghasilan dengan cara menjadi komika? Silakan daftarkan diri kalian di komunitas Stand Up Indo Malang dengan cara datang ke toeman cafe (Sumbersari) setiap hari Kamis jam 7 malam untuk mengikuti Sharing Komika.

Kalau kalian punya acara, lalu pingin mengundang anak stand up buat jadi MC/Moderator/pengisi acara, caranya gimana? Gampang banget! Kalian bisa kontak kami lewat instagram atau twitter atau hubungi tim manajemen kami di : 0895395145459 (Adit MKM). Kalian bisa tanya-tanya lebih lanjut mengenai teknis dan harga para komika. Tenang, harga komika Stand Up Indo Malang bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien. Jadi jangan ragu untuk kontak kami.

Sampai ketemu di gigs……